Semakin mudah buka Tabungan secara vitual dan Transaksi digital di Bank Sumsel Babel
25-04-2022

Semakin mudah buka Tabungan secara vitual dan Transaksi digital di Bank Sumsel Babel  

 

Bank Sumsel Babel terus berupaya memberikan pelayanan yang terbaik kepada nasabah. Dalam upaya meningkatkan pelayanan kepada nasabah, Bank Sumsel Babel akan melaksanakan kegiatan Soft Launching Customer On Boarding (COB) dan berbagai fitur terbaru transaksi Mobile Banking, bertempat di Gedung Kantor Pusat Bank Sumsel Babel, pada hari Jum’at tanggal 22 April 2022.

Menghadapi tantangan dunia perbankan pada evolusi industry 4.0, dimana mengharuskan Bank Sumsel Babel bersinergi dengan institusi-institusi bisnis baru baik market place maupun Fintech disamping juga institusi perbankan dan selaras dengan Arsitektur Sistem Pembayaran Bank Indonesia yang telah meluncurkan SNAP BI Standar Nasional Open API Pembayaran, maka pada semester I  tahun 2022 Bank Sumsel Babel juga meluncurkan open API  dengan standar SNAP.

Kemudian untuk lebih mengoptimalkan interoperabilitas* layanan , Bank Sumsel Babel juga akan mengimplementasikan Virtual Account Sistem sehingga dapat memudahkan mekanisme pembayaran baik Billing System yang dikelola oleh Bank Sumsel Babel maupun Billing System yang dikelola oleh pihak eksternal, karena dengan Virtual Account pembayaran dapat dilakukan pada kanal seluruh perusahaan jasa Sistem pembayaran baik perbankan maupun non perbankan.

Sebagai antisipasi masifnya kepemilikan maupun penggunaan Smartphone di Indonesia, hal ini ditunjukkan bahwa berdasarkan data OJK per Januari 2021 tercatat kepemilikan Smartphone mencapai 343,5 Juta yang merupakan 125,6% dari populasi penduduk Indonesia , dimana per Januari 2021 tercatat 202,5 juta jiwa (73,7%) yang melakukan akses melalui Smartphone ke jaringan internet.

Peningkatan penggunaan Smartphone yang digunakan akses melalui internet juga semakin dipercepat dengan adanya fenomena pandemi Covid-19 dimana pemberlakukan protokol Kesehatan mengharuskan setiap individu mencegah adanya kontak secara fisik, oleh sebab itu dengan otomatis komunikasi secara virtual menjadi kebiasaan baru.

Fenomena ini juga terjadi pergeseran pada nasabah Bank Sumsel Babel dalam melakukan akses layanan perbankan yang ditunjukkan dengan peningkatan transaksi melalui mobile Banking Bank Sumsel Babel sebesar 85,14% yang diikuti dengan peningkatan yang sangat signifikan pada transaksi Mobile Banking melalui QRIS dari tahun 2020 tercatat baru 3.613 transaksi menjadi 278.157 transaksi per tahun 2021.

Dengan kondisi tersebut maka Bank Sumsel Babel melakukan pembenahan  infrastruktur IT per Semester I tahun 2022 dengan melengkapi fitur-fitur di Mobile Banking yaitu :

1. Customer OnBoarding (COB) yaitu layanan Virtual, dimana calon nasabah dapat melakukan registrasi dan pembukaan rekening dengan menggunakan Smartphone. Calon Nasabah Bank Sumsel Babel dapat melakukan registrasi online melalui Aplikasi Customer On Boarding (COB) dan di verifikasi dalam dua tahap yaitu

a. Verifikasi melalui OTP.

b. Verifikasi melalui video call oleh Call Agent Bank Sumsel Babel

 

2. ZISWAF yaitu Nasabah dapat melakukan pembayaran Zakat, Infak, Sodaqoh dan Wakaf dengan menggunakan Smartphone.

3. Digital Loan yaitu Nasabah Bank Sumsel Babel melakukan Top Up kredit dengan menggunakan Smartphone.

4. Layanan payment seperti pembayaran PBB, Tokopedia, Top Up Go Pay, Purchase Order (PO) PUSRI, BPJS, Indovision, Tiketing (Garuda Indonesia dan Lion Air), Paket Data (Simpati dan Kartu As).   

  

*Interoperabilitas adalah dimana suatu aplikasi bisa berinteraksi dengan aplikasi lainnya melalui suatu protokol yang disetujui bersama lewat bermacam-macam jalur komunikasi.


Skip Navigation LinksHalaman Utama > Berita 2022>April>Semakin mudah buka Tabungan secara vitual dan Transaksi digital di Bank Sumsel Babel