Tips Keamanan Bertransaksi

Dalam rangka menjaga segala bentuk transaksi perbankan yang dilakukan oleh Nasabah Bank Sumsel Babel, kami menghimbau para Nasabah untuk waspada dan meningkatkan kepedulian terhadap keamanan bertransaksi dengan beberapa tips keamanan bertransaksi perbankan sebagai berikut :

1.       Tips Mengamankan PIN

a.       Tidak memberitahukan nomor PIN kepada siapapun, sekalipun kepada keluarga atau teman dekat.

b.      Hindari mencatat nomor PIN dimanapu apalagi menyimpannya di dalam dompet

c.       Mengusahakan orang lain tidak dapat melihat PIN Anda  yaitu dengan menutup gerakan jari pada saat Anda menekan tombol PINPAD atau saat memasukkan PIN Anda.

d.      Mengganti PIN secara berkala dengan kombinasi angka yang unik dan sulit ditebak oleh orang lain.

e.      Waspadai upaya penipuan dari oknum yang mengatakan sebagai petugas Bank melalui telepon, email yang menanyakan data pribadi, termasuk nomor PIN.

f.        Petugas Bank Tidak akan meminta atau menanyakan nomor PIN Anda.

 

2.       Tips Bertransaksi Aman di ATM

a.       Mengganti PIN ATM secara berkala

b.      Jangan melayani pihak yang menawarkan bantuan di ruang ATM

c.       Jangan meminjamkan kartu ATM dan memberitahukan PIN kepada orang lain (petugas bank tidak pernah meminta PIN dari nasabah)

d.      Menutup tombol pinpad dengan tangan pada saat memasukkan PIN ke ATM

e.      Jika Anda mengalami kesulitan di ATM, hubungi segera Call Center resmi Bank Sumsel Babel di nomor 1500711

 

3.       Tips Bertransaksi Aman di EDC

a.       Periksa nilai transaksi yang diinput kasir pada mesin EDC

b.      Selalu ikuti keberadaan kartu

c.       Tutup dengan tangan saat input PIN pada pinpad

d.      Mintalah kartu Debit Bank Sumsel Babel Anda kembali

e.      Jangan beritahukan PIN kepada orang lain termasuk petugas bank atau keluarga

f.        Jika Anda mengalami kesulitan bertransaksi di EDC, hubungi segera Call Center resmi Bank Sumsel Babel di nomor 1500711

 

4.       Waspadai Double Swipe

a.       Double swipe / penggesekan ganda adalah penggesekan kartu Kredit atau Debit pada mesin kasir, setelah melakukan pembayaran melalui mesin EDC.

b.      Bank Indonesia melarang penggesekan kartu pada mesin kasir karena bisa terjadi penyalahgunaan data oleh pihak yang berwenang. Penggesekan cukup dilakukan satu kali pada mesin EDC.

c.       Cara menghidari double swipe, maka sebelum membayar tanyakan kepada kasir apakah akan menggesekan kartu debit/kredit di mesin kasir.

d.      Cegah transaksi saat kasir merchant menggesekan kartu kredit atau kartu debit pada mesin kasir.

e.      Laporkan, Jika double swipe terlanjur terjadi segera laporkan ke Call Center Bank Sumsel Babel untuk ditindaklanjuti.

 

5.       Tips Bertransaksi Aman di layanan Internet Banking

Demi kenyamanan dan keamanan Anda dalam bertransaksi di Internet Banking Bank Sumsel Babel, berikut beberapa tips yang perlu diperhatikan:

a.       Pastikan anda mengakses Internet Banking Bank Sumsel Babel melalui alamat situs Internet Banking Personal Bank Sumsel Babel di https://ibank.banksumselbabel.com dan Internet Banking Corporate Bank Sumsel Babel di https://ibank.banksumselbabel.com/corporate, atau akses halaman Internet Bankig melalui link internet banking dari website resmi Bank Sumsel Babel yaitu https://banksumselbabel.com.

b.      Periksa sertifikat SSL untuk memastikan bahwa Anda menerima sertifikat SSL yang sah yang telah terdaftar.

c.       Pastikan bahwa pada browser Anda terdapat gambar gembok/kunci yang mengindikasikan bahwa halaman yang Anda akses saat ini dienkripsi dengan menggunakan SSL. Jika Anda tidak melihat gambar gembok/kunci, dimohon Anda untuk logout.

d.      Pastikan bahwa Anda telah logout saat meninggalkan komputer Anda meskipun hanya sesaat.

e.      Sebaiknya Anda tidak mengakses internet banking Bank Sumsel Babel di warnet atau jaringan yang tidak dapat dipastikan keamanannya.

f.         Waspadai upaya penipuan dari oknum yang mengatakan sebagai petugas bank/petugas Bank  melalui telepon, faks atau email, yang menanyakan data pribadi, termasuk PIN Internet Banking dan MPIN. Karena petugas Bank tidak akan meminta atau menanyakan nomor PIN.

g.       Mengganti Password Akun secara berkala dengan kombinasi huruf dan angka yang unik dan sulit ditebak oleh orang lain.

h.      Periksa daftar rekening tujuan transfer secara berkala. Anda dapat menghapus rekening tujuan yang sudah tidak diperlukan.

i.         Pada saat melakukan transaksi transfer, pastikan bahwa nama dan nomor rekening tujuan penerima transfer adalah benar.

j.        Menjaga kerahasiaan kode M-PIN yang diterima melalui SMS untuk konfirmasi transaksi, dan tidak menginformasikan kode ini kepada orang lain.

 

6.       Waspadai  Bahaya Phising

Phising adalah cara penipuan yang dilakukan oleh pihak tertentu untuk mendapatkan informasi rahasia nasabah seperti User ID dan PIN. beberapa upaya Phising antara lain :

a.       Membuat situs palsu yang memiliki alamat dan tampilan mirip dengan situs resmi milik bank.

b.      Mengirim URL link ke situs yang dibuat semirip mungkin dengan situs resmi milik bank namun ternyata palsu.

c.       Mengirim email atau SMS yang berisi URL link atau halaman login dan meminta nasabah melakukan login dengan memasukkan User ID dan PIN

d.      Berpura-pura sebagai seorang dari Pihak Bank dan meminta data-data nasabah dengan alasan-alasan tertentu.

 

               Tips Pengamanan dari bahaya Phising :

a.       Pastikan anda mengakses Internet Banking Bank Sumsel Babel melalui alamat situs Internet Banking Personal Bank Sumsel Babel di https://ibank.banksumselbabel.com dan Internet Banking Corporate Bank Sumsel Babel di https://ibank.banksumselbabel.com/corporate.

b.      Untuk mengindari kesalahan penulisan alamat situs Internet Banking, simpan alamat situs pada menu favorites atau bookmarks, sehingga untuk selanjutnya jika Anda ingin mengakses Internet Banking Bank Sumsel Babel, cukup memilih dari menu favorites atau bookmarks tersebut, atau dapat langsung mengunjungi website resmi Bank Sumsel Babel kemudian pilih layanan Internet Banking.

 

7.       Tips Menghindari Penipuan Mengatasnamakan Bank Sumsel Babel

a.        Tahukan kamu kadang kita secara tidak sadar telah menyebarkan informasi data pribadi di media social, mulai dari nomor telepon hingga nama lengkap anggota keluarga.

b.      Oleh karena itu, pastikan tidak ada nomor telepon, nomor kartu ATM, nomor kartu kredit, maupun nama anggota keluarga sebelum menambahkan informasi pribadi atau posting foto di media sosial.

c.       Jangan mudah percaya jika kau menerima telepon dari nomor tidak dikenal yang mengatasnamakan bank atau pihak lain untuk konfirmasi menanyakan data pribadi, data perbankan maupun menjanjikan hadiah.

d.      Waspadai modus email penipuan mengatasnamakan Bank Sumsel Babel, seperti informasi mendapatkan Hadiah dan informasi menggiurkan lainnya.

e.      Cek alamat pengirim email dan tidak sembarang membuka link yang disampaikan melalui email atau mengunduh file lampiran pada email tersebut.

f.        Selalu cek ulang informasi yang kamu dapat ke channel resmi seperti Website, media sosial, beserta customer service bank terkait.

g.       Jika menerima e-mail penipuan atas Bank Sumsel Babel, segera menghubungi Call Center resmi Bank Sumsel Babel.

 

8.       Hati-hati Malware, Virus/Worm dan Trojan

Kiat-kiat pengamanan dari Malware, Virus danTrojan :

a.       Gunakan anti-virus ter-update di komputer anda, dan pastikan bahwa komputer anda di-scan secara real-time.

b.      Hapus email yang mencurigakan atau yang datang dari pengirim yang tidak dikenal, dan scan email attachment sebelum dibuka.

c.       Gunakan firewall pada komputer anda dan pastikan bahwa pengaturan firewall tersebut dapat mengamankan komputer anda.

d.      Pastikan bahwa versi sistem operasi dan perangkat lunak lainnya adalah yang terkini.

e.      Pastikan bahwa anda hanya men-download file dari website yang aman dan scan file-file yang berasal dari Internet sebelum digunakan.

f.        Scan USB flash disk yang anda pakai sebelum digunakan.

g.       Kenali proses bertransaksi di Internet yang biasa anda lakukan, jika anda melihat keanehan dalam bertransaksi internet banking, stop transaksi anda dan segera hubungi Call Center Bank Sumsel Babel.

Skip Navigation LinksHalaman Utama > Tentang Kami Tips Keamanan Bertransaksi